Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

PRODI HUKUM TATA NEGARA (SIYASAH) FSH UIN AR RANIRY ADAKAN FGD PENELITIAN DI KUTACANE

FSH AR-RANIRY|Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) UIN Ar Raniry Banda Aceh melakukan acara Focus Group Discussion (FGD) dengan berbagai tokoh masyarakat adat Aceh Tenggara. FGD ini dilakukan dalam rangka bagian dari tahapan Trianggulasi Data Penelitian Prodi guna keperluan pengecekan dan pembanding terhadap data lapangan yang telah lebih dahulu didapatkan melalui angket dan quisioner yang disebarkan oleh para mahasiswa HTN di delapan kecamata se-Aceh Tenggara.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Penelitian Prodi HTN tahun 2017 yang bertemakan Eksistensi Peran dan Kewenangan Lembaga Wali Nanggroe (Kajian Persepsi Masyarakat Aceh Bagian Tengah, Timur dan Tenggara).

Penelitian yang didanai oleh Badan Layanan Umum (BLU) UIN Ar Raniry ini digagas atas dasar adanya opini yang berkembang bahwa masyarakat yang mendiami bagian tengah dan tenggara Aceh belum sepenuhnya merasakan adanya peran Lembaga Wali Nanggroe. Untuk membuktikan kebenaran hipotesa diatas dan mengetahui keinginan dari masyarakat daerah tersebut tentang eksistensi dan peran ideal Lembaga Wali Nanggroe maka penelitian ini dilakukan. 

Hasil FGD tersebut dianalisa dan dirumuskan dalam bentuk laporan hasil penelitian. Selanjutnya dilakukan diseminasi hasil penelian di Banda Aceh yang dihadiri para Dosen Peneliti dari seluruh Program Studi di lingkungan Fakultas Syari’ah dan Hukum. Acara tersebut telah dilakukan pada tanggal 10 November 2017. Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan diseminasi hasil penelitian tiga Prodi lainnya, yaitu Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah, Prodi Hukum Perbandingan Mazhab, dan Prodi Hukum Pidana Islam.  

0 Komentar