Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

HEPI dan Prodi Pendidikan Matematika FTK Gelar Seminar

Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) UKD Aceh bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Seminar on Computer-Based Assessment di Ruang Seminar Fakultas Tarbiyah dan keguruan. Dalam seminar tersebut, hadir sebagai pembicara Prof. Dr. Bor-Chen Kuo dari National Taichung University of Education, Taiwan.

Di hadapan peserta seminar, Profesor Kuo mengatakan bahwa penilaian berbasis komputer sudah lama diterapkan pada negara-negara maju seperti Taiwan dalam mengukur kompetensi profesional guru (in-service teacher) dan calon guru (pre-service teachers). Disebutkan, bahwa program IRT-Based Adaptive Testing sudah digunakan untuk melakukan penilaian, baik itu Content Knowledge, Pedagogical Knowledge maupun Pedagogical Content Knowledge (PCK) Pre-Service dan Inservice Teacher.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyan dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. M. Duskri, M.Kes. selaku ketua panitia mengharapkan kegiatan seminar ini dapat meberikan inspirasi bagi para akademisi dan guru-guru sebagai praktisi pendidikan dalam mengembangkan instrumen-instrumen pengukuran dan evaluasi pendidikan, apalagi saat ini di dunia internasional, sistem evaluasi sudah sangat berkembang. Salah satunya adalah evaluasi pendidikan berbasis komputer, sehingga melalui kegiatan seminar pada hari ini (20/10) diharapkan para akademisi dan praktisi mendapat pengalaman dan inspirasi baru tentang sistem evaluasi pendidikan.

Dalam sambutannya, Profesor Yusrizal selaku Ketua HEPI-UKD Aceh mengharapkan seminar ini menjadi langkah awal para ahli, akademisi, praktisi pendidikan untuk dapat mengembangkan keilmuan dan profesionalisme dalam bidang evaluasi pendidikan berbasis komputer.

Selanjutnya, Kuasa Dekan FTK Dr. Sri Suyanta, M.Ag. sangat mengapresiasi terselenggaranya seminar ini. Lebih lanjut beliau mengharapkan akan adanya moment lain untuk penyelenggaraan seminar dengan mendatang ahli-ahli pada bidangnya baik dari dalam maupun luar negeri.

1 Komentar


dewi Izzah_db@yahoo.com | 26-08-2017 04:13:05

Bagaimana cara daftar portal