Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

21 Mahasiswa UIN Magang Di KUA Kemenag Aceh Besar

AR-RANIRY| Sebanyak 21 mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melakukan magang pada kantor urusan agama (KUA) di kabupaten Aceh Besar. Pelepasan mahasiswa magang tersebut dilakukan usai penandatanganan naskah kerja sama antara FUF dengan Kementerian Agama kabupaten Aceh Besar di Aula Ushuluddin, Kamis (28/9/2017).

Dekan FUF UIN Ar-Raniry, Dr. Lukman Hakim, M.Ag menyambut baik atas terlaksana kerja sama tersebut, apalagi kerja sama ini langsung diaplikasikan dengan pengiriman mahasiswa magang pada KUA yang ada di Aceh Besar. Naskah kerja sama ditandatangani oleh Dekan FUF dengan Kakankemenag Aceh Besar Drs. Salahuddin, M.Pd.

“Saya sangat mengapresiasi dengan kerja sama yang dilaksanakan ini, beda dengan yang telah dilaksanakan sebelumnya, dimana sebagian besar hanya seremonial saja, sedangkan tindak lanjutnya sangat sedikit, kita berharap sekecil apapun itu harus ada aksi langsung,” ujar Lukman.

Menurutnya, tradisi kerja sama yang hanya diatas kertas harus diubah. Kerja sama tanpa aplikasi langsung dilapangan maka manfaatnya sangat sedikit, oleh karena itu pimpinan FUF sangat mendukung atas kerja sama yang dijalin ini dengan terobosan langsung mendapat tempat bagi mahasiswa untuk melakukan magang.

Lukman Hakim menambahkan, sebagaimana disebutkan ketua prodi Agama-agama Mawardi, MA, bahwa MoU ini merupakan sejarah baru bagi prodi tersebut yang dapat melakukan kerja sama dengan Kemenag Aceh Besar dan langsung dapat diaplikasikan poin-poin yang ada dalam naskah kerja sama tersebut, yakni menerima mahasiswa UIN Ar-Raniry untuk magang pada beberapa KUA di Aceh Besar.

“Ini merupakan MoU perdana yang dilakukan dengan Kementerian Agama, tahap pertama UIN Ar-Raniry akan mengirim 21 mahasiswa untuk magang pada 4 KUA di Aceh Besar dan satu di Banda Aceh, peserta akan magang selama dua bulan, kami berharap mahasiswa ini dapat dibimbing selama proses magang nanti,” pinta Lukman Hakim.

Sementara itu, Kepala kantor kementerian Agama Aceh Besar, Drs. Salahuddin, M.Pd mengaku senang serta menyambut baik dengan terjalin kerja sama antara Fakultas Ushuluddin dengan Kemenag Aceh Besar, khusus pada pengembangan tri dharma perguruan tinggi dan secara khusus terkait dengan penempatan mahasiswa magang pada KUA di Aceh Besar.

“Ilmu yang bermanfaat itu harus disampaikan kepada masyarakat dan jauh itu lebih bermanfaat ketimbang tidak aplikasikan. Ilmu dengan berbagai teori yang dimiliki selama dibangku kuliah harus ditransfer dan bergitu juga dengan pengalaman yang didapatkan di lapangan akan saling melengkapi dan itu adalah guru yang paling berharga,” kata Kankemenag Aceh Besar.

Salahuddin menyebutkan, di kabupatan Aceh Besar ada 23 KUA, tahap awal dari kerja sama ini dipilih empat KUA saja yang dikirim mahasiswa magang, ini mendapat dukungan penuh dari Kemenag oleh karena itu ke depan diharapkan akan dapat dikembangkan lagi dan terus berlanjut. [Nat]

0 Komentar