Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

SATPAM UIN AR-RANIRY MERAIH GELAR DOKTOR

Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah meluluskan Sulaiman (23111258-3) sebagai Doktor ke 46 Pascasarjana UIN Ar-Raniry. Dalam sidang terbuka Promosi Doktor pada hari Selasa (06/12/16) bertempat di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry Lantai III. Beliau mempertahankan Disertasi yang berjudul “Manajemen Kelas Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pembelajaran: Suatu Kajian Tentang Classroom Climate Pada Madrasah Aliyah Di Aceh”.

Sulaiman merupakan anak ke tiga dari Pasangan M. Yusuf dan Habibah, Yang dilahirkan di desa Hagu, Pidie Jaya Pada Tanggal 3 Juni 1984. Pendidikan yang ditempuh, Pendidikan Dasar lulus tahun 1996, SLTP lulus Tahun 2000, MAN tahun 2003. Beliau Juga merupakan alumni Dayah/Pesantren Ulumul Ayman Samalanga Kabupaten Aceh Utara. Sulaiman Menyelesaikan Pendidikan Sarjana (S1) pada tahun 2007, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Menyelesaikan Pendidikan Magister (S2) pada tahun 2010, Pada Konsentrasi Pendidikan Agama Islam di Pascasarjana IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, Selanjutnya pada tahun 2011 Sulaiman kembali menjadi sebagai mahasiswa pada Program Doktor (S3) Pada Prodi Pendidikan Agama Islam di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan pada hari ini, beliau telah berhasil Meraih gelar Doktor dengan predikat yang sangat memuaskan.

Dr. Sulaiman, MA merupakan satpam pada Biro Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Disela aktifitas sebagai satpam, beliau juga dosen pada STAI-PTIQ Banda Aceh. Beliau juga aktif menulis buku dan karya ilmiah yang telah diterbitkan diberbagai jurnal, baik nasional maupun internasional. Pada sidang terbuka tersebut Dr. Sulaiman, MA mendeskripsikan tentang disertasinya yang berjudul “Manajemen Kelas Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pembelajaran: Suatu Kajian Tentang Classroom Climate Pada Madrasah Aliyah Di Aceh”.sebagaiberikut:

Penelitian terkait tata aturan akademik dalam kelas, keterampilan interaksi edukatif dalam kelas, keterlibatan mental siswa dalam pembelajaran di kelas, perilaku pembelajaran dalam kelas, dan strategi membangun classroom climate dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan implikasinya terhadap kualitas pembelajaran pada Madrasah Aliyah di Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah desain exploratory mixed method. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu terhadap 9 Madrasah Aliyah di Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan tata aturan akademik berimplikasi terhadap kualitas pembelajaran; 71.2% manajemen kelas yang kondusif berpengaruh terhadap kualitas semangat belajar, 76.5% manajemen kelas yang efektif berpengaruh terhadap iklim kelas yang kondusif, dan 76% manajemen kelas yang efektif berimplikasi terhadap prestasi belajar. 77.2% keterampilan mengajar berimplikasi terhadap kualitas antusias belajar peserta didik, dan 81.3% keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap iklim kelas yang kondusif. 80,6% keterlibatan aktivitas mental berimplikasi terhadap kualitas partisipasi peserta didik dalam pembelajaran. 76% perilaku mengajar guru berimplikasi terhadap suasana kelas yang kondusif. Selanjutnya, strategi membangun classroom climate dalam menciptakan pembelajaran yang efektif pada Madrasah Aliyah di Aceh dilakukan dengan delapan dimensi. 76% manajemen kelas yang kondusif berimplikasi terhadap kualitas pembelajaran dan kepuasan belajar peserta didik di kelas. (ar)

 

3 Komentar


Jual kacamata ray ban raybankacamata@yahoo.co.id | 14-12-2016 07:00:07

http://kacamatashop.co.id

jual kacamata murah kacamataonline@gmail.com | 14-12-2016 06:59:20

<br /> jual kacamata<br /> link<br /> 12/14/2016 03:50:18 am<br /> <br /> kacamata murah<br /> jual kacamata murah<br /> frame kacamata murah<br /> kacamata online murah<br /> kacamata ray ban murah<br /> kacamata oakley murah<br /> http:kacamatashop.co.id

jual kacamata jualkacamata@gmail.com | 14-12-2016 06:58:24

<br /> jual kacamata<br /> link<br /> 12/14/2016 03:50:18 am<br /> <br /> kacamata murah<br /> jual kacamata murah<br /> frame kacamata murah<br /> kacamata online murah<br /> kacamata ray ban murah<br /> kacamata oakley murah<br />