Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

S1 Ilmu Hukum


Akreditasi  B Ban-PT 

 

Diskripsi Prodi Ilmu Hukum

Prodi Ilmu Hukum mendapatkan dua (2) pengakuan izin operasional DIKTI Nomor SK: 07/E/O/2014 dibawah Kemenristek Republik  Indonesia, izin operasional DIKTIS Nomor SK: 3896 Tahun 2014 dibawah kementerian Agama Republik Indonesia.Tanggal SK pendirian PS 18 Juni 2014, Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS :  Bulan Juni & Tahun 2014

Adapun visi, misi dan tujuan prodi Ilmu Hukum.

a. Visi : Menjadi Prodi Studi yang Unggul dalam penyelenggaraan pendidikan Hukum di Indonesia dan pengembangan Hukum pada tahun 2024.

b. Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Ilmu Hukum yang berkualitas daninovatif.
  2. Menyelenggarakan, pengembangan, pelatihan penelitian di bidang Hukum dan menghasilkan publikasi ilmiah dalam jurnal Terakreditasi Nasional atau jurnal Internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat berbasis hasil penelitian.
  4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan semua pihak terkait baik ditingkat daerah, Nasional maupun Internasional dalam rangka pemajuan Program studi Ilmu Hukum.  

c. Tujuan : 

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional guna menjelaskan dan memecahkan persoalan hukum dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan melaksanakan serta mentaati hukum yang berlaku di Indonesia, yang bersendikan syari’at Islam dibidang Prodi Ilmu Hukum.
  2. Secara Spesifik Prodi Ilmu Hukum dapat melahirkan sarjana yang memiliki kualifikasi ilmu hukum yang baik dan mampu menjadi tenaga ahli Ilmu hukum yang berhasil guna.
  3. Terwujudnya tenaga ahli yang berdedikasi tinggi dalam mensosialisasikan pola penerapan Ilmu hukum dalam masyarakat.
  4. Mendidik tenaga ahli yang memahami dan merancang konsep-konsep peraturan dan fatwa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

 

Adapun sasarannya adalah sebagai berikut:

Landasan kurikulum dari sisi hukumnya, hal ini dalam rangka meningkatkan mutu penyelenggaraan dan pelayanan, perlu kepada kembali pada organisasi dan tata kerja fakultas syariah dan hukum yang lebih baik, juga untuk menjawab tantangan dan tata kerja fakultas syariah dan hukum yang lebih baik, juga untuk menjawab tantangan dan kondisi hukum dari masyarakat yang ada Indonesia. Pengembangan kurikulum prodi ilmu hukum mengacu kepada KKNI dan aturan pendidikan yang berlaku. Untuk dapat menghasilkan lulusan Ilmu Hukum (IH) yang diharapkan oleh masyarakat, maka perlu adanya penyusunan beban studi standar yang akan memenuhi kualifikasi lulusan yang diharapkan. Untuk disusun suatu kurikulum Prodi Ilmu Hukum (IH) berbasis kompetensi pada kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang telah menjadi acuan Pemerintah Indonesia sejak diterbitkannya Permendikbud RI Nomor: 73/tahun 2013, dan PP Nomor: 4/tahun 2014.

 

Adapun strategi pencapaian sebagai berikut:

  1. Mampu memahami konsep-konsep dasar ilmu hukum
  2. Mampu mengembangkan ide dasar ilmu hukum yang selaras dengan konsep islami secara konfrehensif.
  3. Mampu menyelesaikan persoalan hukum secara integrative dan interkonektif.
  4. Mampu memahami dan menguasai sistem konstitusi dan tata perundang-undangan Indonesia.
  5. Mampu menjadi fasilitator dalam pembayaran masyarakat melalui penerapan ilmu hukum guna mewujudkan masyarakat madani Mampu menghargai nilai-nilai keilmuan dan kemanusiaan.     

 

Gelar kelulusan S1 Prodi Ilmu Hukum Sarjana Hukum (S.H).